Kamis, 28 April 2011

Sinopsis Film "I-ROBOT"

Film I-Robot mengisahkan tentang suatu dunia dimana semua kegiatan manusia digantikan oleh mesin. Pada tahun 2035, Robot diprogram untuk dapat hidup harmonis dengan manusia dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan manusia memiliki persepsi bahwa semuanya dapat dilakukan oleh sebuah mesin, sehingga apa yang bisa mereka kerjakan dapat dilakukan juga oleh sebuah robot, bahkan pekerjaan yang tidakl mungkin dilakukan oleh manusia itu sendiri karena keterbatasan dalam segi fisik manusia maka manusia cenderung membebankan semua pekerjaan pada sebuah mesin.
Dalam film ini ada sekelompok orang yang hanya menggantungkan semua pekerjaannya hanya pada sebuah mesin tanpa melihat bagaimana sebuah mesin dapat berinteraksi, namun terdapat psikolog robot yang bertugas untuk membuat robot lebih manusiawi dengan melakukan bermacam-macam interaksi sehingga sebuah mesin pun dapat memahami apa yang harus dilakukan.
Tetapi tentu saja ada pihak yang tidak terlalu puas dengan keadaan ini, yaitu seorang detektif Chicago yang menganggap bahwa dirinya juga bisa mengerjakan apa yang bisa dikerjakan oleh mesin yang pada akhir cerita dia juga baru menyadari bahwa dirinya juga sebuah mesin yang membawa manusia dapat benar hidup harmonis dengan robot tanpa ada yang saling menggantungkan keadaan.
Bagi sebagian pihak keadaan ini sangat menguntungkan dalam segi bisnis, karena semua manusia rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah robot agar pekerjaannya dapat teratasi hanya dengan sebuah mesin. Tentu uang yang dikeluarkan berbanding lurus dengan teknologi dan sistem yang dibuat, tentunya teknologi dan sistem itu nyaris mendekati sempurna sehingga sebuah mesin dapat berpikir dan berinteraksi layaknya seperti manusia. Dalam film itu terlihat karakteristik fisik mesin dan sistem yang dibuat dapat menentukan unjuk kerja (performance) dari user, karena dari bentuk robot yang seperti manusia dan sistem yang dibuat yang menjadikan robot dapat lebih manusiawi sehingga dapat mengerjakan pekerjaan manusia dengan lebih baik.
Seperti hal nya semua teknologi, pasti tidak lepas dari kegagalan dan kerusakan. Dalam film ini juga terdapat kerusakan dari sistem yang dibuat yang menyebabkan suatu robot dapat membuat program sendiri sehingga memberontak kepada manusia dan bermaksud mengambil alih kekuasaan dari manusia yang menciptakannya. Seperti sebuah virus, akhirnya semua robot terjangkiti dan menyerang. Hanya satu robot saja yang tidak terjangkiti, dia bersama seorang detektif dan psikolog robot berusaha memecahkan semua masalah dan konspirasi antar mesin yang terjadi.
Oleh karena itu dalam film ini memberikan suatu pandangan bahwa sebagai manusia yang bijak kita tidak boleh terlalu membebankan semua masalah yang ada kepada sebuah mesin, ada bagian dimana mesin tidak dapat mengerjakan sesuatu. Secanggih apa pun teknologi dan sistem yang dibuat pasti tidak lepaps dari berbagia macam kesalahan dan kegagalan.

Pengenalan Linux UBUNTU

Versi Ubuntu

Berikut ini adalah sejarah ringkas Versi Ubuntu beserta Code Namenya.

a. Ubuntu 4.10 (Warty Warhog)
Ubuntu 4.10 yang di release pertama kali ini hadir pada bulan oktober 2004

b. Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
Ubuntu 5.04 adalah release ke-dua dari ubuntu yang hadir pada bulan april 2005
yang sudah tidak disupport lagi semenjak bukan oktober 2006

c. Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
Ubuntu 5.10 adalah relese yang ke-tiga yang hadir pada bulan oktober 2005 yang juga telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.

d. Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
Ubuntu 6.06 adalah release ke-empat yang pertama kalinya yang di support paling lama Long Term Support (LTS) yang direlease pada bulan juni 2006, versi Long Term Support (LTS) ini disupport sampai dengan 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server.

e. Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
Ubuntu 6.10 adalah release ke-lima yang hadir pada bulan oktober 2006. yang telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.

f. Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
Ubuntu 7.04 di release pada bulan april 2007 dan di support sampai bulan oktober 2008.

g. Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
Ubuntu yang akan kita bahas kali ini adalah versi 7.10 yang hadir dengan Visual Effect yang sangat spektakuler, Printer yang sudah otomatis terdeteksi yang akan di support sampai bulan april 2008

h. Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron)
release ke-delapan dari ubuntu yang telah hadir pada bulan april 2008 lalu adalah versi ke-dua yang menyediakan Long Term Support, Untuk Desktop akan
di support sampai bulan april 2011 dan edisi server di support sampai april 2013.

i. ubuntu 8.10 LTS (Intrepid Ibex)
Ubuntu 8.10 direlease pada bulan Oktober Tahun 2008. Masih bau baru nih, baru 2 bln yang lalu. Dengan tampilan yang lebih baik dari hardy heron, namun masih menggunakan open office 2.4

Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan

Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan memberi petunjuk adanya suatu inheren. Tidak mustahil ketiga masalah ini akan melihat masa lampau atau masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, dan dapat melibatkan perdebatan. Keperluan sekarang adalah pengetahuan ilmiah yang harus ditingkatkan karena pengetahuan, perbuatan, ilmu, etika akan saling bertautan satu sama lain. Semuanya itu memperlihatkan perpaduan dari pertimbangan moral ilmiah. Dalam hal ini dipertanyakan bagaimana memanfaatkan sumber daya untuk membasmi kemiskinan yang semakin meluas di Indonesia. Tekhnologi dalam penerapannya sebagi jalur utama yang dapat menyongsong masa depan yang cerah, kepercayaannya sudah mendalam. Sikap demikian adalah wajar, asalkan tetap dalam konteks penglihatan yang rasional. Sebab tekhnologi, selain mempermudah kehidupan manusia, mempunyai dampak social yang sering lebih penting artinya daripada kehebatan tekhnologi itu sendiri.
Kemiskinan merupakan permasalahan sentral bangsa Indonesia. Hal itu sudah sering di geluti dan dipecahkan oleh pemerintah agar tercipta masyarakat yang adil dan makmur. Berbicara masalah kemiskinan akan dihadapkan pada persoalan lain seperti persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok, posisi manusia dalam lingkungan social. Dan bagaimana tekhnologi dan pengetahuan memanfaatkan sumber daya alam untuk membasmi kemiskinan. Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan merupakan bagian yang tidak dapat dibebaskan dan dilepaskan dari system yang berinteraksi, interelasi, interdependensi, dan ramifikasi. Dengan demikian wajarlah apabila menghadapi masalah yang kompleks ini memerlukan studi mendalam dan analisis interdisipliner kalau tidak mau mencampur adukan unsure-unsur sintesis dengan sintesisnya sendiri.

MengenaL Situs WEB

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat di dalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah di dalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi di dalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung di antara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa di antaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk di dalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.
Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun kependekan dari World Wide Web.

MengenaL Situs WEB

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat di dalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah di dalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi di dalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung di antara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa di antaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk di dalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.
Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun kependekan dari World Wide Web.

Teknik SEO Yang Didasarkan Pada Artikel Google Tentang SEO

1. Membuat judul unik dan akurat

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, judul karangan boleh dibuat menggelitik agar menarik pembaca. Misalnya sebuah cerpen percintaan dapat diberi judul “bunga sakura”, meskipun dari awal tidak dibahas mengenai bunga sakura ternyata di akhir cerita menggambarkan sepasang kekasih yang bertemu di bawah pohon sakura.

Dalam pandangan SEO, judul “bunga sakura” tepat jika artikelnya membahas tentang bunga sakura, misalnya wujud, jenis, atau cara menanamnya.

Saran Google:

* Membuat judul yang akurat, unik, dan berbeda-beda untuk setiap halaman.
* Membuat judul yang singkat tetapi jelas.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Judul default seperti ‘Untitled’ atau nama perusahaan untuk semua halaman (jika nama perusahaan hanya homepage saja tak masalah).
* Judul terlalu panjang.
* Menambahkan keyword yang tak diperlukan dalam judul secara berlebihan.

2. Menggunakan meta description

Jika Anda terbiasa mengedit HTML, Anda dapat memberikan kata-kata yang sesuai untuk meta description. Pada sebagian direktori bahkan tidak mengindeks halaman, hanya meta description dan meta keywordnya saja yang masuk ke dalam database mereka.

Saran Google:

* Membuat meta description yang akurat menggambarkan isinya.
* Membuat meta description yang berbeda-beda untuk setiap halaman.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Membuat meta description yang tak ada hubungannya dengan isi.
* Membuat meta description hanya berisi keyword (bukan kalimat).
* Meta description terlalu umum.
* Copy-paste isi halaman ke dalam meta description.
* Membuat meta description yang sama untuk semua halaman atau sebagian halaman.

3. Membuat URL yang baik

Sama seperti yang sudah dibahas di atas, yaitu keyword dalam URL akan turut menentukan posisi halaman tersebut dalam search engine. Misalnya Anda membuat artikel mengenai bunga sakura, lebih baik menggunakan URL:

[Only registered and activated users can see links. ]

daripada

[Only registered and activated users can see links. ]

URL akan muncul dalam hasil pencarian (SERP) dan sering digunakan orang sebagai teks link yang mengarah ke halaman tersebut.

Saran Google:

* Menggunakan URL berupa kata atau kalimat.
* Membuat struktur direktori (seperti folder dalam windows) sederhana.
* Satu halaman hanya memiliki satu URL.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* URL terlalu panjang, terlalu umum, atau terlalu banyak mengulang kata kunci.
* Membuat struktur direktori yang kompleks atau tak ada hubungannya dengan isi.
* Mencampur-adukkan URL, kadang dengan awalan www, kadang tanpa www. Kadang dengan akhiran “/”, kadang tidak. Sebaiknya konsisten.
* Menggunakan perpaduan huruf besar dan kecil, sebaiknya hanya huruf kecil.

4. Membuat navigasi situs mudah dan sederhana

Google menyarankan situs dibuat dengan navigasi yang sederhana dari umum ke spesifik. Misalnya pada halaman utama ada “profil perusahaan”, di dalam halaman “profil perusahaan” ada link ke “bidang usaha”, “AD/ART”, “manajemen”, dsb. Di dalam halaman “bidang usaha” ada link ke “off air”, “on air”, dsb.

Saran Google:

* Membuat hirarki navigasi yang simple dan natural.
* Menggunakan link berupa teks dalam navigasi.
* Menggunakan teks yang menyatakan posisi pengunjung sedang dimana (breadcumb), yang memungkinkan pengunjung dapat dengan mudah menuju ke level yang lebih tinggi, misalnya ditampilkan saat ini pengunjung sedang berada di:

profil perusahaan > bidang usaha > off air

* Membuat sebuah HTML sitemap, yaitu sebuah halaman yang di dalamnya terdapat link ke semua halaman atau halaman-halaman penting dalam situs Anda.
* Pertimbangkan jika sebagian URL dihilangkan. Misalnya link ke artikel ini:

[Only registered and activated users can see links. ]

pertimbangkan apakah link tersebut valid jika link-nya dipotong menjadi:

[Only registered and activated users can see links. ]

* Membuat halaman 404 yang berguna. Halaman 404 adalah halaman yang ditunjukkan saat pengunjung mengklik atau menulis URL sebuah halaman yang tidak ada di dalam situs Anda. Halaman 404 dapat berisi link ke homepage atau link ke artikel atau halaman yang populer di web Anda.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Membuat navigasi yang sangat kompleks, misalnya semua halaman saling berkaitan.
* Membuat halaman yang terlalu dalam, halaman tersebut hanya dapat dibuka dengan berkali-kali klik dan membuka halaman lain yang sangat banyak terlebih dahulu.
* Menggunakan banyak gambar dan animasi untuk link (sebaiknya teks).
* HTML sitemap mengandung link yang tidak valid atau tidak terorganisir dengan baik.
* Membiarkan halaman 404 terindeks search engine, hanya pesan singkat “Not Found” atau “Error 404″ tanpa penjelasan, dan menggunakan design yang tak konsisten misalnya hanya halaman putih.
5. Menawarkan isi dan pelayanan yang berkualitas

Menurut Google, isi web yang berkualitas adalah kunci utama untuk dapat memperoleh trafik, karena akan menarik pengunjung untuk mengajak temannya ikut melihat web tersebut, baik melalui blog, email, dari mulut ke mulut dan sebagainya.

Saran Google:

* Menuliskan isi web dengan bahasa yang mudah dimengerti dan topik yang terorganisir.
* Menggunakan kata-kata kunci yang diperkirakan akan digunakan pengunjung yang menjadi target Anda. Misalnya web Anda adalah toko mobil, maka masukkan kata kunci BMW, mobil, mobil bekas, mobil murah, dan kata-kata lain yang kira-kira banyak dimasukkan orang ke dalam search engine. Kata-kata ini harus ada di dalam web Anda.
* Membuat isi yang baru, unik, dan tak ditemukan pada web lain.
* Membuat isi yang diperuntukkan untuk orang, bukan search engine.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Banyak error baik secara ejaan maupun tata bahasa.
* Copy-paste dari web atau blog lain.
* Membuat sebuah halaman yang mirip dengan halaman lain dalam satu situs (duplicate content).
* Memasukkan keyword berlebihan, sehingga jika dibaca orang biasa menyebabkan tidak nyaman.
* Memasukkan kata-kata dengan kesalahan ejaan dengan harapan orang yang salah ketik di search engine akan menemukan web kita.
* Membuat teks yang tidak kelihatan bagi pengguna (misalnya karena kecil sekali atau warna teks dengan background-nya sama).

6. Membuat anchor teks yang baik

Anchor teks adalah teks yang digunakan sebagai link. Teks ini berfungsi sebagai keyword bagi halaman yang dituju. Membuat anchor teks yang baik sangat berguna dalam SEO, baik untuk link yang menuju ke halaman luar maupun link yang menuju ke halaman dalam situs kita sendiri.

Saran Google:

* Menuliskan anchor teks yang menerangkan isi halaman yang dituju.
* Menuliskan anchor teks yang singkat dan jelas.
* Membuat anchor teks mudah dilihat dan berbeda dengan teks biasa (warna, ukuran, dll).

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Membuat anchor teks yang terlalu umum seperti “click here” atau “klik di sini”.
* Membuat anchor teks terlalu panjang dan anchor teks yang tak perlu.

7.Membuat heading tag yang baik

Heading tag berisi judul artikel, judul bab, judul sub-bab, atau judul point-point penting, tetapi bukan paragraf artikel itu sendiri. Misalnya sebuah artikel tentang bunga sakura:

adalah judul artikelnya sendiri, misalnya “Bunga sakura”
adalah judul bab, misalnya “Pengenalan”, “Pembibitan”, Perawatan”
adalah judul sub-bab, misalnya “Kebutuhan Air”, “Kebutuhan Pupuk” dsb.

Saran Google:

* Membuat heading tag sebagai outline yang menyebar terstruktur dengan baik di dalam sebuah artikel

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Membuat heading tag yang tidak perlu, meloncat-loncat dengan struktur yang tidak jelas.
* Membuat heading tag hanya sekedar agar tulisan enak dipandang, bukan karena strukturnya.
* Meletakkan sebuah paragraf dalam heading tags, sebaiknya berupa kalimat singkat atau judul.


8. Optimasi gambar

Gambar di dalam sebuah web atau blog sangat powerfull dalam SEO. Search engine saat ini tidak bisa mengindeks tulisan yang ada di dalam gambar, tetapi dapat mengindeks atribut “ALT” pada gambar. Teks dalam atribut ALT akan muncul jika pengunjung gambar tidak tertampil di browser baik disengaja untuk mempercepat browsing ataupun tidak disengaja oleh pengunjung.

Saran Google:

* Menggunakan atribut ALT yang singkat dan jelas menerangkan gambar tersebut.
* Menggunakan nama file yang berisikan deskripsi gambar atau keyword.

Misalnya, lebih baik menggunakan
kupu-kupu.jpg, oka-mahendra.gif
daripada
image001.jpg, fotoku.gif

* Menggunakan atribut ALT jika gambar tersebut digunakan sebagai link adalah wajib, fungsinya sama dengan anchor teks dalam teks link.
* Meletakkan semua gambar dalam satu direktori tertentu di dalam sebuah situs web.
* Menggunakan tipe file yang umum (JPEG, GIF, PNG, dan BMP).

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Tidak menggunakan atribut ALT.
* Atribut ALT terlalu panjang atau diisi keyword secara berlebihan.
9. Membuat robot.txt yang efektif

Robots.txt yaitu file yang memerintahkan search engine BOLEH atau TIDAK mengakses bagian tertentu di dalam situs web. Misalnya pada situs web [Only registered and activated users can see links. ], Robots.txt terletak pada: [Only registered and activated users can see links. ].

Sitemap: [Only registered and activated users can see links. ]

User-agent: IRLbot

Crawl-delay: 3600

User-agent: *

Disallow: /next/

User-agent: *

Disallow:

Jika pada file robots.txt dimasukkan kode disallow untuk folder tertentu, isi folder tersebut tidak akan diindeks search engine, tetapi dapat muncul dalam hasil pencarian, jika link ke halaman tersebut terdapat di halaman lain (termasuk referrer log). Untuk lebih jelasnya, lihat tutorial robots.txt .

Jadi robots.txt dapat mencegah search engine mengindeks halaman tertentu tetapi bukan mengeblok pengunjung karena pengunjung tetap bisa membukanya jika tahu URL-nya.

Saran Google:

* Untuk halaman-halaman sensitif gunakan proteksi keamanan tidak cuma robots.txt misalnya htaccess.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Mengijinkan search result terindeks search engine.
* Mengijinkan halaman-halaman yang mirip terindeks search engine.
* Mengijinkan URL dari proxy server terindeks search engine.

10. Menggunakan atribut nofollow

Membuat atribut rel=”nofollow” pada link akan memerintahkan search engine untuk tidak memberikan ‘reputasi’ dari halaman Anda ke halaman yang dituju. Di mata search engine, sebuah link ke halaman lain akan meningkatkan ‘reputasi’ halaman yang dituju. Semakin tinggi ”reputasi’, maka semakin baik pula posisi halaman tersebut pada search engine.

Nofollow dapat diletakkan sebagai atribut sebuah link (rel=”nofollow”) atau berlaku untuk keseluruhan halaman jika diletakkan pada head ()

Saran Google:

* Menggunakan atribut nofollow pada link-link yang dibuat bebas oleh pengunjung, seperti komentar blog, buku tamu, referrer list, forum, dsb.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

* Tanpa menggunakan atribut nofollow, blog atau web Anda rawan terdapat link SPAM, link ke halaman SPAM dapat menurunkan ‘reputasi’ web Anda.

11. Promosi web dengan benar

Dengan konten yang baik, link akan terbangun dengan sendirinya, karena orang akan cenderung menuliskannya pada blog atau web sebagai referensi, dibahas, atau dengan sukarela meletakkan link web Anda ke dalam blogroll. Meskipun konten adalah hal yang utama, tidak ada salahnya melakukan promosi web atau blog Anda.

Saran Google:

* Membuat blog tentang berita dan layanan perusahaan Anda.
* Jangan lupakan promosi offline seperti poster, kartu nama, dan sebagainya.
* Jika Anda sedang bisnis dengan target pasar lokal, promosikan di Google Local Business Centre .
* Bergabung dengan komunitas yang mendukung promosi web Anda.

Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO

* Promosi hal-hal kecil yang tidak efesien.
* Bergabung dengan program pertukaran link yang direkayasa (seperti skema piramida).
* Membeli link atau teknik-teknik lain yang tidak sewajarnya.



Sumber : google.com

Apa itu SEO ??

Pada waktu saya mulai menyelami Dunia Internet, Saya sering bertanya pada diri saya sendiri tentang bagaimana cara orang bisa tau Blog atau Situs kita...Ternyata setelah saya pelajari, Orang datang ke situs / blog kita yaitu dengan 2 hal : 1. Mesin Pencari (Google, Yahoo) 2. Referensi dari blog atau situs lain. Nah....terus saya berpikir lagi bagaimana situs atau blog saya bisa muncul di Search Engine (Mesin Pencari) dan ternyata setelah saya cari2 informasi mengenai hal tersebut, barulah saya tahu kenapa suatu situs bisa muncul di search engine, yaitu dengan istilah SEO.
Apa itu SEO.....?

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimatization intinya, SEO adalah suatu cara untuk meningkatkan rangking situs / blog kita di Mesin Pencari. Sobat tau apa itu mesin pencari...? mesin pencari adalah suatu mesin yang bisa mencari atau yang lebih pasnya melacak situs kita dengan kata kunci tertentu. Contoh : sobat coba masuk ke www.google.com dan ketikkan kata kuncinya yaitu Kursus Blog.

Kembali ke masalah SEO. Sebenarnya, Teknik SEO itu sendiri, lebih diterapkan untuk blog / situs yang memang sifatnya commercial. Dalam artian blog / situs tersebut memang ditujukan khusus untuk bisnis. Nah...kalo kita selaku blogger dan memang kalo kita buat blog hanya sekedar hobi tanpa ada latar belakang bisnis maka SEO itu tidak terlalu penting.


sumber : google.com