Kamis, 29 Oktober 2009

Peran pemuda dalam hidup bermasyarakat

Telah kita ketahui bahwa pemuda atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai.hal ini merupakan pengertian idiologis. Dalam kehidupan masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsa karna pemuda sebagai harapan bangsa.
Ada beberapa kedudukan pemuda dalam pertanggungjawabannya atas tatanan masyarakat,antara lain :
a. Kemurnian idealismenya
b. Keberanian dan Keterbukaanya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan-gagasan yang baru
c. Semangat pengabdiannya
d. Sepontanitas dan dinamikanya
e. Inovasi dan kereativitasnya
f. Keinginan untuk segera mewujudkan gagasan-gagasan baru
g. Keteguhan janjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan keperibadiannya yang mandiri
h. Masihlangkanya pengalaman-pengalaman yang dapat merelevansikan pendapat,sikap dan tindakanya dengan kenyataan yang ada.
2 Sosialisasi Pemuda.
Dalam kehidupannya, setiap pemuda saling berinteraksi dengan yang lainnya pada lingkungan masyarakatnya. Mereka saling tolong-menolong dan membantu dengan sesamanya dilingkungan masyarakatnya. Mereka mempunyai semangat hidup dan kreatifitas yang tinggi. Sehingga mereka dapat membangun suatu lingkungan masyarakat yang baik. Namun untuk sekarang ini rata-rata banyak yang menjadi pemuda gagal, dalam artian mereka tidak mampu menerapkan atau menjalanka fungsi dari kehidupan mereka di suatu lingkungan masyarakat. Banyak pemuda yang hidupnya memiliki kepribadian yang jelek seperti suka bermalas-malasan, suka bermain, mabuk-mabukan, dan kenakalan remaja lainnya. Dalam hal ini lah membuat banyak pemuda tidak mempunyai suatu pekerjaan. Mereka hanya memntingkan kesenangan mereka sendiri dan tidak memikirkan masa depan mereka. Oleh karena itu, untuk sekarang ini reputasi pemuda sangat lah jelek.
Maka dari itu jadi lah pemuda yang berbudi dan memiliki kepribadian yang baik, sehingga dapat membangun suatu masyarakat, bangsa, dan Negara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar