Jumat, 12 Maret 2010

Budaya Mencontek

Banyak sekali dari sekelompok orang yang selalu membudayakan hidup menontek atau meniru. Sekelompok orang ini merupakan sekelompok pelajar. Diantara mereka masih banyak yang selalu membudayakan kebudayaan mencontek dan meniru ini. Biasanya mereka mencontek dan meniru pekerjaan rumah(PR), ataupun pada saat mengerjakan tugan dan ujian sekolah. Hal ini dipengaruhi oleh suat karakter atau kebiasaan dari mereka masing-masing. Orang yang suka mencontek dan meniru karya orang lain ini merupakan orang yang sangat malas, mereka tidak mau berusaha sendiri dalam hal apapun. Banyak diantara mereka yang bangga terhadap perbuatannya, mereka bangga dengan nilai yang bagus didapat pada saat mengerjakan tugas atau ujian. Padahal hasil tersebut merupakan karya orang lain.
Budaya mencontek ini bukan hanya terjadi seperti pada kasus di atas. Namun masih banyak kasua-kasus yang lain yang dapat mengartiakan sebuah budaya mencontek ini. Diantaranya, pada era globalisasi ini banyak para pemuda yang selalu hidup meniru kebiasaan atau budaya dari budaya asing. Banyak sekali budaya asing yang telah masuk ke negara kita. Kebudayaan asing yang masuk merupakan kebudayaan positif atau kebudayaan yang negative. Namun para pemuda ini tidak bisa menyaring kebudayaan yang masuk tersebut. Kebudayaan tersebut diantaranya, banyak sekali para pemuda (wanita) yang selalu mengikuti gaya berpakaian dari bangsa asing. Mereka selalu berpakaian yang minim. Masih banyak kebudayaan asing yang lainnya yang tidak harus kita untuk menirunya
Oleh karena itu mulai sekarang jadilah orang yang selalu bekarya sendiri walaupun karyanya tersebut tidak seindah atau sebaik karya orang lain. Dengan itu kita akan merasa bangga dengan karakter dan sifat yang muncul dari diri kita yang baik. Dan cobalah untuk selalu menyeleksi perbuatan atau tindakan yang kita lakukan sehari-hari pada lingkungan masyarakat,bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar