Senin, 22 Maret 2010

Tindakan Terorisme

Negara Indonesia memiliki banyak sekali penduduk. Setiap penduduk atau individu dari mereka memiliki karakter, sifat, dan sikap yang berbeda-beda satu sama lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh kebudayaan atau kebiasaan mereka hidup di lingkungan masyarakatnya. Di lingkungan masyarakatnya, pasti akan mungki terjadi perbedaan status social. Ada masyarakat kaya dan ada masyarakat miskin, ada individu yang baik dan ada individu yang memiliki sifat yang kurang baik. Dari perbedaan status social ini, akan muncul kecemburuan social anatar individu dan masyarakat, sehingga memicu seorang individu untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan hokum dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakatnya. Mungkin individu ini memiliki kebiasaan atau budaya yang kurang bagus di lingkungan masyarakatnya. Akhir-akhir belakangan ini, ada beberapa individu yang mengikuti kelompok atau organisasi terorisme. Padahal kita semua tahu bahwa tindakan ini sangat bertentangan dengan hokum dan norma yang berlaku di Indonesia. Sudah banyak tindakan-tindakan terorisme di Indonesia, contohnya pengeboman di Bali dan di hotel J.W Merriot beberapa tahun silam. Apa maksud tindakan yang mereka lakukan tersebut????
Mungkin hal ini dipengaruhi oleh suatu kebiasaan atau budaya yang dilakukan individu tersebut di lingkungan masyarakatnya. Mungkin mereka selalu hidup menyendiri atau tidak pernah bersosialisasi di lingkungan masyarakatnya. Ada beberapa factor lainnya yang mempengaruhi tindakan tersebut, diantaranya mungki karena keluarga mereka hidup dikalangan menengah ke bawah, jadi individu tersebut rela untuk menjadi seorang sindikat teroris karena di janjikan dengan uang yang banyak agar keluarga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka rela mati untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Dan mungkin juga di pengaruhi oleh tingkat pendidikan mereka yang sangat minim. Sehingga mereka dapat dibujuk dan dirayu untuk menjadi seorang teroris.
Oleh karena itu, biasakan hidup dan bertindak dengan kebiasaan yang baik dan sesuai dengan hukum dan norma yang berlaku di Negara Indonesia. Agar kelak nanti kita pasti akan memiliki karakter dan sifat yang baik. Dengan membiasakan kebiasaan yang baik maka akan mewujudkan suatu karakter bangsa Indonesia yang berbudi pekerti luhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar