Rabu, 30 Desember 2009

Integrasi Masyarakat Akibat Tidak Terpenuhinya Suatu Kebutuhan

Kebutuhan merupakan suatu awal dari tingkah laku Individu. Individu itu sendiri bertingkah laku karena adanya motivasi untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhannya. Kebutuhan dan kepentingan tersebut sifatnya esensial bagiindividu itu sendiri. Jika kebutuhan dan kepentingan itu terpenuhi maka ia akan merasa puas, namun juga sebaliknya, apabila pemenuhan kebutuhan dan kepentingan itu gagal maka akan menimbulkan suatu masalah bagi dirinya pribadi serta lingkungannya.
Dengan berpegang pada prinsip bahwa tingkah laku individu merupakan cara atau di dalam masyarakat pada hakekatnya merupakan manifestasi pemenuhan dari kepentingan itu sendiri.
Pada umumnya secara psikologis dikenal ada dua jenis kepentingan dalam diri individu yaitu kepentingan untuk memenuhi kebutuhan biologis dan kebutuhan sosial/psikologis.
Oleh karena itu individu mengandung arti bahwa tidak ada dua orang individu yang sama persis di dalam aspek-aspek pribadinya, baik jasmani maupun rohani, maka dengan sendirinya timbul perbedaan individu dalam hal kepentingannya. Perbedaan-perbedaan tersebut secara garis besar disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor pembawaan dan faktor lingkungan sosial sebagai komponen utama bagi terbentuknya keunikan individu.
Perbedaan pembawaan akan memungkinkan perbedaan individu dalam hal kepentingannya meskipun dengan lingkungan yang sama. Sebaliknya lingkungan yang berbeda akan memungkinkan timbulnya perbedaan individu dalam hal kepentingan meskipun pembawaannya sama. Dari adanya kebutuhan masyarakat yang tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan pertentangan-pertentangan dari masyarakat. Contohnya apabila para wakil rakyat yang telah terpilih, jika mereka tidak mampu mewujudkan visi dan misi yang mereka katakan pada kampenye kemarin, pasti banyak masyarakat akan melakukan pertentangan kepada pemerintah. Karena mereka merasa dibohongi. Untuk mencegah hal itu, maka masyarakat harus mampu mengendalikan semua kebutuhannya dan pemerintah harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar