Rabu, 30 Desember 2009

Perluasan Kesempatan Belajar

Adanya usaha-usaha pemerintah dalam perluasan kesempatan belajar bagi seluruh warga Negara Indonesia, paling tidak dapat mengurangi prasangka bahwa program pendidikan terutama pendidikan tinggi hanya dapat dinikmati oleh masyarakat menengah dan kalangan ke atas saja. Mengapa demikian???
Untuk mencapai jenjang pendidikan tertentu terutama diperguruan tinggi memerlukan biaya yang sangat mahal. Di samoing itu harus memiliki kemampuan otak dan modal yang tinggi. Mereka akan selalu tersisih dalam persaingan memperebutkan bangku sekolah. Masih beruntung bagi mereka yang memiliki kemampuan otak. Jika mendapatkan prestasi yang tinggi dan mempertahankannya , maka akan mendapatkan beasiswa dan kantong pun tidak akan kering kerontang.
Dengan memberi kesempatan luas untuk mencapai tingkat pendidikan dari tingkat dasar ke perguruan tinggi bagi seluruh bangsa Indonesia tanpa kecuali, prasangka dan perasaan tidak adil pada sector pendidikan cepat atau lambat akan hilang dan lenyap. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan keringanan biaya pendidikan terutama bagi rakyat menengah ke bawah karena akan membantu mereka dalam pembayaran sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar